September 25, 2024

Penahanan Ir H Zahir Tersangka Suap Seleksi PPPK 2 Kali Ditangguhkan

| September 25, 2024 |

Batubara. Topinformsi.com

Sebelumnya, "tersangka dugaan suap seleksi CASN PPPK Batubara, Ir H Zahir telah ditangkap dirumahnya di  Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batubara, dan ditahan Polda Sumut pada Selasa 3/9/2024.

Namun Senin 23/9/2024, Zahir mengajukan permohonan penangguhan penahanan dirinya di Polda Sumut.

Dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp terkait status hukum calon Bupati Batubara Ir H Zahir,  Rabu 25/9/2024 sekitar pukul 11:05 Wib, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi menjelaskan, penahanan Zahir telah ditangguhkan Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut sejak Senin 23/9/2024 siang, atau sebelum pengundian nomor urut calon Bupati Batubara.

"Sesuai surat telegram Kapolri terkait penundaan sementara proses hukum yang melibatkan para peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Tertuang Dalam Surat Telegam (ST) dengan nomor: ST/1160/V/RES.1.24.2023.

Kapolda Sumut melalui Kabid humas Kombes Hadi Wahyudi membenarkan soal ketentuan tersebut dan terkait penangguhan Penahan zahir mantan bupati batubara yang sudah dikukuhkan KPU sebagai Pasangan calon  Bupati dalam kontestasi Pilkada Batubara 2024.

Menurutnya, hal ini dilakukan guna menjaga situasi selama pemilu berlangsung kondusif. “sudah ada petunjuk melalui STR tersebut dalam rangka menjaga kondusivitas pemilu,” kata Hadi.

"Untuk kita tunda dulu sehingga tidak memengaruhi adanya kepentingan-kepentingan pihak tertentu dalam pelaksanaannya,” ujarnya lagi."kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Rabu 24/9/2024.

Hadi menjelaskan, proses hukum terhadap Zahir akan ditunda sementara karena merujuk pada surat telegram Kapolri nomor ST/1160/V/RES.1.24.2023 tentang penundaan proses hukum terkait pengungkapan kasus tindak pidana yang melibatkan peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Sudah ada petunjuk melalui STR tersebut dalam rangka menjaga kondusifitas pemilu. Untuk itu kita tunda dulu sehingga tidak memengaruhi adanya kepentingan-kepentingan pihak tertentu dalam pelaksanaannya,” kata Hadi.

Selain itu, Ir H Zahir yang berpasangan dengan Aslam Rahyuda di Pemilukada Batubara, Zahir tidak menghadiri deklarasi kampnye damai yang di gelar KPU Batubara hari ini, Rabu 25/9/2024. Sedangkan kursi yang disiapkan untuk Ir H Zahir di isi Ketua DPRD Batubara, Safi'i. (dr)


from TOPINFORMASI.COM https://ift.tt/gtbdUCp
Berita Viral

No comments:

Post a Comment

Back to Top