August 04, 2024

INOVASI PEMBINAAN, LPKA PALU HADIRKAN METODE PEMBELAJARAN TERKINI

| August 04, 2024 |


TOP INFORMASI.COM,PALU -  Anak merupakan calon pemimpin yang akan meneruskan pembangunan nasional. Karenanya, setiap anak di Indonesia harus dilindungi dan dipenuhi haknya, tak terkecuali Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Melalui inovasi pembinaan, LPKA Palu hadirkan metode pembelajaran terkini. Terlihat anak-anak binaan di LPKA Palu semangat dan tekun mengikuti setiap pelajaran yang diberikan, sabtu (4/8/2024). Bertempat di ruang pendidikan, sebanyak15 orang anak yang mengikuti pelajaran Ekonomi dan Bahasa Mandarin.

Andi Elfira selaku guru dari PKBM Mulia Kasih yang membawakan mata pelajaran ekonomi mengungkapkan bahwa dirinya begitu kagum dengan semangat belajar anak binaan. Hal ini ia katakan dari perilaku anak-anak yang aktif dalam bertanya serta aktif mengemukakan pendapat saat proses belajar. Tak lupa ia pun memberikan kuis yang menambah rasa semangat anak dalam belajar.

“Ini kali pertama saya mengajar disini. Saya begitu kagum dengan semangat mereka, apalagi saat saya memberikan kuis tentang materi hari ini, mereka berlomba-lomba untuk menjawabya,” ungkap Elfira.

Tidak hanya berlangsung pagi hari, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di LPKA Palu juga dilaksanakan pada sore hari. Adapun mata pelajaran selanjutnya ialah keterampilan bahasa mandari.

Diajar oleh Laoshi Yenni Safitri, terlihat anak-anak tetap semangat mengikuti KBM. Menurut Laoshi Yenni, anak-anak perlu tambahan keterampilan dalam berbahasa guna menambah kecakapan mereka dalam menguasai bahasa internasional.

“Bahasa mandarin adalah salah satu bahasa yang sangat penting dalam komunikasi internasional setelah Bahasa Inggris. Itulah mengapa, jika anak-anak bisa mempelajari kedua bahasa tersebut maka akan memiliki banyak kesempatan sosial yang baik, entah itu di sekolah maupun kehidupan sehari-hari,” ungkap Yenni.

“Adapun materi yang diajarkan kepada anak-anak pada sore hari ini yakni tentang angka dan hari,” tambah Yenni.

Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengungkapkan bahwa LPKA Palu terus mengupayakan memberikan pembinaan terbaik untuk seluruh anak binaan terutama dalam memfasilitasi pendidikan mereka. Ini komitmen kami dalam membantu memajukan bangsa ini.

“Mereka (anak binaan) berhak menggapai cita-cita mereka setinggi-tingginya. Untuk itu kami terus mengupayakan pemenuhan hak pendidikan di LPKA Palu harus terus berjalan dengan baik dan lancar. Mari bersama ciptakan SDM unggul melalui perbaikan Akhlak dan moral setiap anak. Mereka memang melanggar hukum tetapi pendidikan merupakan hak yang harus mereka dapatkan,” pungkas Kepala LPKA Revanda.

HUMAS LPKA PALU


from TOPINFORMASI.COM https://ift.tt/lkG14V2
Berita Viral

No comments:

Post a Comment

Back to Top