July 15, 2024

PASTIKAN LAYANAN KESEHATAN OPTIMAL, LPKA PALU KOMITMEN TERAPKAN PPM DAN EKSPANSI PEMBERIAN TPT

| July 15, 2024 |


TOPINFORMASI COM, PALU – Pastikan layanan kesehatan berjalan optimal, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng komitmen menerapkan Public-Private Mix (PPM) dan ekspansi pemberian Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT). Hal tersebut ditegaskan oleh Lise Apole selaku Perawat Terampil dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulteng.

Menurutnya, penyakit Tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di era global dan harus cepat dalam penanganannya.

“Dengan komitmen dalam menerapkan PPM dan ekspansi pemberian TPT merupakan langkah strategis yang harus kita lakukan. Tujuannya untuk pencegahan dan pengendalian penyakit TBsecara tepat,” jelas Lise kepada Media, Senin, (15/7/2024)

Ia mengungkapkan anak binaan memiliki potensi tinggi dalam penularan penyakit, sehingga menjadi kewajiban LPKA Palu untuk melakukan langkah-langkah preventif dan pengawasan terhadap kesehatan anak.

Di LPKA Palu, kata dia, terus berupaya memaksimalkan pelayanan kesehatan berupa Posyandu Remaja, Mobile VCT HIV IMS, dan Skrining TB bagi anak binaan, yang bertujuan sebagai deteksi dini dalam mencegah penyakit menular.

“Pemeriksaan kesehatan kita lakukan secara berkala, pastinya kita berkeinginan untuk menciptakan generasi muda yang unggul serta memiliki kesehatan yang baik. Itu juga tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak seperti Puskesmas Bulili, Dinkes Provinsi Sulteng dan Kota Palu,” ungkapnya

Sementara itu, dr. Jumriani  selaku Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Sulteng berpesan agar seluruh Fasyankes segera melaporkan penemuan kasus TB pada aplikasi Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB).

“Mari kita bersama dalam mengoptimalkan layanan kesehatan. Pastikan pasien TB mendapatkan penanganan dengan baik. Ini merupakan kewajiban kita semua sebagai pelayan kesehatan,” pesannya

Ia berharap agar kepedulian dan keseriusan para tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan yang baik bagi pasien.

Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, juga mendukung penerapan PPM dan TPT yang dilakukan LPKA Palu sebagai peningkatan kualitas mutu pada layanan kesehatan.

“Komitmen dalam pemberian layanan kesehatan terbaik bagi warga binaan dan anak binaan adalah tugas dan tanggung jawab kami. Salah satunya adalah memastikan segala penyakit menular dapat terdeteksi dengan cepat serta pengobatan yang tepat. Bentuk sinergitas yang dibangun LPKA Palu sudah sangat baik, tetap semangat dan terus ditingkatkan,” tegas Kakanwil Hermansyah.

HUMAS LPKA PALU


from TOPINFORMASI.COM https://ift.tt/OpN703q
Berita Viral

No comments:

Post a Comment

Back to Top