November 21, 2023

LAKUKAN ASSESMEN ,LPKA PALU BERSAMA BAPAS PALU PASTIKAN PROGRAM PEMBINAAN AWAL ANAK BINAAN

| November 21, 2023 |


TOPINFORMASI.COM,PALU_Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu bersama Balai Pemasyarakatan (Bapas) kelas II Palu memastikan program pembinaan awal bagi satu orang anak binaan tepat sasaran. Selasa (21/11) Pagi.

“Proses seperti ini harus tepat sasaran, penggalian informasi harus benar-benar didapatkan, sehingga program pembinaan dapat tersalurkan dengan baik kepada setiap anak,” ungkap awal Ida Bagus selaku Pelaksana Harian Kepala

Dirinya menjelaskan bahwa sebelum dilakukannya assesmen oleh Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas, pengumpulan profilling dan assessmen dilakukan terlebih dahulu oleh assessor yang didalamnya ada hasil rekomendasi kepada Kepala LPKA Palu untuk disampaikan kepada PK Bapas sebagai bahan yang tidak terpisahkan dari dokumen Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) untuk menentukan program pembinaan anak.

“Dalam masa pengenalan lingkungan, kami disini telah menggali informasi awal terhadap setiap anak binaan, setelah itu hasil rekomendasinya kami laporkan kepada Kepala. Tentunya hal tersebut sangat penting dilakukan agar setiap anak binaan mendapatkan pembinaan yang tepat dan bermanfaat,” jelas Ida Bagus

Selanjutnya, tahap Pembinaan Awal dimulai sejak anak baru diterima di LPKA hingga 1/3 masa pidana. Tahap pembinaan awal dimulai dengan proses registrasi yang terdiri dari kegiatan penerimaan, pendaftaran dan penempatan serta pengenalan lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut PK Bapas Palu, Suwanto memberikan apresiasi kepada Kepala LPKA Palu bersama jajaranya atas kerjasama dalam pengumpulan informasi yang cepat, sehingga tidak ada keterlambatan dalam pemberian program pembinaan yang bermutu kepada anak binaan.

“Terima kasih banyak kami sudah dibantu, palayanan di LPKA Palu luar biasa, para anka binaan diberikan banyak kegiatan positif sebagai pengenalan awal, tentunya hasil rekomendasi ini sangat berguna bagi kami, dan ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk pembuatan Litmas Awal,” ujar Suwanto

Diketahui, anak binaan tersebut memiliki bakat dalam seni suara karena mempunyai olah vokal yang bagus dan seni musik tradisional, yakni memainkan alat musik hadroh. Semua ini menjadi poin penting guna menjadi dasar dari pemenuhan hak-hak lainnya.

HUMAS LPKA PALU


from TOPINFORMASI.COM https://ift.tt/q97A6OJ
Berita Viral

No comments:

Post a Comment

Back to Top