January 06, 2020

Safin Himbau Masyarakat Tak Buang Sampah Di Sungai

| January 06, 2020 |
MOKI, PATI-Wakil Bupati Pati Saiful Arifin saat tinjau tanggul jebol di Desa Margomulyo, Kecamatan Juwana, melihat tumpukan sampah, himbau masyarakat tidak buang sampah di sungai. Minggu, 5/1/2020.

Akibat masyarakat membuang sampah di sungai, kemudian terbawa air dan menumpuk menyumbat disatu jembatan akhirnya mengakibatkan tanggul jebol.

Saat meninjau lokasi, Senin (6/1/2020) pagi, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan, tumpukan sampah yang sangat banyak tersebut akhirnya mengganggu aliran sungai.

"Tadi malam, pembersihan dikerjakan sampai pukul dua pagi. Dan ini masih dikerjakan memakai alat berat, dibantu TNI-Polri, BPBD, relawan, dan masyarakat," ucap Safin.

Sebagai bagian dari langkah penanganan, tanggul yang jebol juga diperbaiki.

Safin menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai maupun saluran air yang akhirnya menghambat aliran air dan mengakibatkan banjir.

"Karena curah hujan sudah tinggi, tolong jaga kewaspadaan. Selain itu, tolong jaga jangan sampai aliran sungai terhambat sampah. Mari kita mulai dari diri sendiri," imbaunya.

Kepala Desa Margomulyo Supriyadi juga mengatakan, peristiwa tanggul jebol tadi malam juga mengakibatkan lahan persawahan warga seluas sekira 40 hektare terendam air.

"Karena masa tanam baru 2 minggu, belum dipupuk dan sebagainya, kerugian mungkin Rp 100 jutaan. Tanaman belum besar, diikhlaskan saja, nanti ditanam lagi. Untuk sementara, kita menutup tanggul yang jebol," ujar Supriyadi. (Red)


from MOKI I Kabar-Investigasi.com https://ift.tt/2tB6TAw
Berita Viral

No comments:

Post a Comment

Back to Top