October 01, 2019

Heboh..!! Penampakan Matahari Cincin

| October 01, 2019 |
MOKI, PATI-Pagi ini, warga Pati sekitarnya dihebohkan dengan fenomena alam yang begitu indah, yaitu Halo Matahari. Beberapa warga juga mengirimkan gambar yang memperlihatkan suatu keindahan, matahari dikelilingi cahaya putih yang berbaur dengan pelangi.

Halo Matahari merupakan fenomena optik yang menampilkan bentuk cincin di sekitar sumber cahaya. Di alam biasanya kita lihat saat bulan purnama atau saat matahari terang di siang hari.

Fenomena tersebut terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari atau bulan oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer yang disebut troposfer, sekitar 5-10 km dari permukaan bumi.

Halo adalah fenomena optikal berupa lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya Matahari atau Bulan. Fenomena Halo Matahari adalah lingkaran seperti pelangi yang mengelilingi matahari. Halo matahari adalah fenomena yang lebih sering terjadi di langit.

Adapun proses terjadinya Halo Matahari adalah saat awan cirus hanya merefleksikan dan merefraksikan cahaya matahari, biasanya halo yang terbentuk hanya cincin yang tak berwarna. Namun jika pada sudut yang tepat, bisa terjadi juga dispersi sehingga cincin yang terjadi juga berwarna seperti halnya pelangi. (Red)


from MOKI I Media Online Kabar Investigasi https://ift.tt/2oLGI7y
Berita Viral

No comments:

Post a Comment

Back to Top