January 26, 2024

Sedikitnya 300 Ha Tanaman Padi Terancam Kekeringan Distanbun Dan PUTR Batubara Keruk Sungai Dalu Dalu

| January 26, 2024 |
 

Batubara. Topinformasi.com
Akibat sedimen pasir yang meninggi, air sungai Dalu Dalu tidak dapat mengairi areal persawahan di 6 Desa. Akibatnya lebih kurang 300 Ha tanaman padi yang baru ditanam sekitar 1 bulan di Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara nyaris mengalami kekeringan dan terancam gagal panen. Kamis 25/1/20224.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Batubara Susi Listiawati Ritonga melalui Kabid Holtikultura dan Sapras Armen Syam menjelaskan, permasalahan terjadi akibat tanggul sungai Dalu Dalu pecah, dan di hilir sungai mengalami pendangkalan akibat sedimen pasir yang meninggi. 

Dikatakan Armen, setelah mendapat laporan permasalahan tersebut pada Selasa 23 Januari 2024, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) langsung melakukan peninjauan lokasi dan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Batubara untuk menurunkan alat berat (escavator) dan langsung melakukan pengerukan sepanjang 400 M.

Kondisi yang sempat mengkhawatirkan petani itu tidak berlangsung lama, karena setelah selesai dikeruk, air langsung masuk melalui intake (pintu air masuk) menuju saluran sekunder dan selanjutnya mengairi seluruh sawah yang terancam kekeringan, "sambung Armen.

"Memang sungai merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi, namun begitu menerima informasi dari petani, Distanbun dan PUTR Batubara telah merespon kekhwatiran petani dan melakukan tindakan cepat dengan melakukan pengerukan alur sungai Dalu Dalu. "Dan saat ini air sudah mengalir ke areal persawahan kurang lebih 300 Ha yang berada di 6 Desa tersebut."tukas Armen.

Dan saat pengerukan berlangsung, dirinya bersama Kadis Distanbun Batubara, Ka. UPTD BP3TPH Wil. I Bade Belantara, dan PPL ikut memantau pengerjaan. 

Menurut Armen, "untuk musim tanam berikutnya bila permasalahan ini tidak mendapat perhatian khusus, maka dampak gagal panen pada 6 Desa ini dipastikan akan terjadi. Dengan demikian pihaknya telah menyurati Pemprovsu agar melakukan berbagai langkah pencegahan diantaranya normalisasi Sungai Dalu Dalu."tutup Armen. (dr)


from TOPINFORMASI.COM https://ift.tt/FDHbyo8
Berita Viral

No comments:

Post a Comment

Back to Top