January 21, 2023

PROYEK PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR (SDA), BARU SEUMUR JAGUNG SUDAH RETAK

| January 21, 2023 |

 



SAMBAS -- 20 Januari 2023, Merupakan suatu tanggung jawab pelaksana untuk memperhatikan suatu kegiatan yang bersumber Dana dari APBD, APBN atau APBDES.


Untuk tetap memperhatikan mutu hasil pekerjaan proyek mereka dan PPK harus senantiasa berfungsi mengawasi agar uang Negara ( uang rakyat) bisa di nikmati oleh rakyat. Dan hasil pembangunan yang ada didaerah masing-masing bisa di nikmati oleh rakyat.


Masyarakat senantiasa mendukung kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah dan senantiasa akan memberikan kontribusi untuk pembangunan dan meresapi hasil pembangunan itu sendiri. Jadi pembangunan harus tepat sasaran.


Salah satu kegiatan proyek yang berada di Dusun Sebataan, Desa Sulung, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat.


Kegiatan proyek pengelolaan Sumber Daya air yang baru seumur jagung sudah retak, Komplen masyarakat di sekitar daerah itu membuat salah satu mantan kontraktor untuk memantau langsung perkembangan proyek tersebut dan beliau Tokmas (tokoh masyarakat Sambas).


Hasil kompirmasi yang awak media kabar investigasi com dapatkan kegiatan proyek tersebut saya lihat timbulnya retak -retak itu dugaan kuat adanya pemasangan cerocok yang jarang- jarang Dan adukkan pasir dan semen tidak sesuai," ujarnya kepada awak media.


Di Papan informasi proyek tersebut tertulis nomor kontrak: 610/ 012/spk/RJI_pkt,v/SDA/PUPR/2022. Tanggal kontrak : 15 juli 2022. Program: pengelolaan Sumber Daya Air (SDA). 


Kegiatan : pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi primer dan sekunder pada daerah irigasi yang luasnya dibawah 1000 HA dalam satu daerah Kabupaten/Kota. Sub kegiatan: rehabilitasi jaringan irigasi Rawa #Rehabilitasi jaringan irigasi paket v pemeliharaan saluran. Dengan nilai kontrak Rp. 88.878.000,000 (delapan puluh delapan juta delapan ratus tujuh puluh delapan ribu). Sumber Dana: alokasi umum (DAU). Tahun anggaran 2022 waktu pelaksanaan 90 hari kalender (15 juli-12 oktober 2022.) 


Pelaksana CV. Karya Utara Pekerjaan proyek tersebut berada di dusun Sebataan, desa Sulung.


Penguna jalan sewaktu bertemu awak media menyampaikan, kalau menurut saya, kami bangga pak dengan adanya pembangunan ini tetapi kami ingin merasakan kualitas bertahan lama pembangunan ini, ujarnya.


Masih ditempat yang sama Mantan kontraktor tersebut juga Menjelaskan, sesuatu pekerjaan harus sesuai spek dan setidaknya para pekerja mempunyai skill yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan itu sendiri, harus ada skill dan sertifikasi, Itu sudah aturannya. Ucapnya 


Sewaktu di konfirmasi melalui telepon seluler atau Whatsapp, Kabid SDA PUPR kabupaten sambas Dengan nomor 08134560xxxx, namun mengabaikan conten biru Atas bapak samiat.


Proyek tersebut baru seumur jagung sudah jelas retak, jadi pihak pelaksana dan PPK harus memperhatikan hal-hal tersebut.


Jangan sampai masyarakat bepikir pihak dugaan pelaksana cuma memikirkan keuntungan, itu Amanah rakyat Dan PPK harus senantiasa memantau dan mengawasi kegiatan agar sesuatu kegiatan proyek tersebut pembangunan yang tepat sasaran, Terjamin, kualitas mutu tersebut. Itulah harapan kita semua.


Reporter : Samsul Hidayat/Rizal Farizal



from Kabar-Investigasi.com https://ift.tt/3expuTL
Berita Viral

No comments:

Post a Comment

Back to Top