June 24, 2019

Pemkab Nisel Memacu Infranstuktur, Mempercepat Pemerataan Pembangunan

| June 24, 2019 |
MOKI, Nias Selatan-Saat menerima ekspos beberapa proyek yang dilaksanakan TA 2019. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan (Nisel) dalam pembangunan Infrastruktur, Senin (24/06/2019) Dimana sebagai lanjutan ekspos sebelumnya bahwa, peningkatan, pembangunan dan rehabilitasi jalan di sejumlah wilayah Kabupaten Nisel yang akan dibangun tahun ini yakni peningkatan Jalan dari Bonia menuju Ibukota Kecamatan Aramo yang bersumber dari DAK TA.2019 dengan pagu dana sebesar Rp. 4 Milyar, pembangunan Jalan dari Kantor Camat Amandraya menuju lapangan upacara dari DBH TA.2019 Rp. 200 juta.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nisel Erwinus Laia, S.Sos, MM MH mengatakan, pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur dan pemerataan di 35 Kecamartan Kabupaten Nias Selatan.
“Alasannya, keseimbangan pembangunan infrastruktur di daerah agar dapat mampu melakukan percepatan pencapaian visi misi pemerintah Kabupaten Nisel dibawah kepemimpinan Bupati Nisel Dr. Hilarius Duha, SH dan Wakil Bupati Nisel Sozanolo Ndruru, salah satunya dibidang infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian masyarakat  dengan langkah yang pasti (foto), akan terwujud, terang Kadis PUPR.

Seperti yang diberitakan Sebelumnya oleh sejumlah media, puluhan paket proyek pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, semenisasi dan termasuk penataan Kota Telukdalam yang tahun ini akan dilaksanakan pembangunannya oleh Pemerintah Daerah Nisel melalui Dinas PUPR dimana anggarannya sudah tersedia dari Dana Alokasi Khusus (DAK) TA.2019, Dana Bagi Hasil (DBH) TA.2019 dan dari Dana Alokasi Umum (DAU) TA.2019.

Dilaksanakan peningkatan jalan Gomo menuju Mazo bersumber dari DAK TA.2019 Rp. 4 Milyar, pengaspalan jalan di dekat Oprit Jembatan Gomo menuju pekan Gomo sumber dari DBH Rp. 200 juta, pengaspalan jalan dari jalan nasional menuju Ehosofayo-Hilinamozaua dari DBH TA.2019 Rp. 5 Milyar, lanjutan pengaspalan jalan di Desa Hiliamuri Kecamatan Telukdalam dari DBH Rp. 2 Milyar.

Serta peningkatan jalan RSUD Lukas dari DAK TA.2019 Rp. 3 Milyar, pembangunan Jalan dari Desa Faomasi menuju Desa Hiliaurifa Kecamatan Maniamolo dari DBH Rp.1 Milyar, pembangunan Jalan dari Desa Orahiligito menuju RSUD Lukas Hilisimaetano dari DBH Rp. 1 Milyar, pembangunan jalan di Hilizoaya Mbowo Desa Lagundri Kecamatan Luahgundre dari DBH TA.2019 Rp.1 Milyar.

Ada beberapa lagi paket proyek lainnya yang sudah dianggarkan Dinas PUPR Nisel pada Tahun Anggaran 2019 ini, seperti : proyek Irigasi, rehabilitasi, semenisasi jalan, TPT, Bronjong, pembangunan air bersih di beberapa wilayah Kabupaten Nias Selatan. Sehingga masyarakat luas khususnya Kabupaten Nias Selatan lebih mengetahui dan mengawasi pelaksanaannya

Sedangkan paket rehabilitasi Jalan yakni : rehabilitasi jalan dari Sorake menuju Desa Botohilitano Kecamatan Luahagundre dari DBH TA.2019 Rp.750 juta, rehabilitasi jalan dari jalan nasional menuju Desa Bawonahono dari DBH Rp. 500 juta, rehabilitasi jalan menuju Desa Orahili (daerah Balano) Kecamatan Fanayama dari DBH Rp. 200 juta, rehabilitasi jalan dari jalan nasional menuju Desa Hiliamaetaniha dari DBH Rp. 1,5 Milyar. (doeha)


from MOKI I Media Online Kabar Investigasi http://bit.ly/2Y6YqPT
Berita Viral

No comments:

Post a Comment

Back to Top