January 30, 2019

Maksimalkan ADD Untuk Pembangunan SDM

| January 30, 2019 |
MOKI, PATI-Pada rapat konsultasi (Rakon) Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pati 2019 di Pendopo Rabu (30/01), Bupati Pati Haryanto tegaskan agar dana ADD juga dimanfaatkan untuk kegiatan pemberdayaan. Hal ini dikarenakan, pembangunan berbasis Sumber Daya Manusia (SDM) cenderung sulit lantaran harus bertahap dan dilakukan secara kontinyu. Sebab meski masyarakat sudah dibina dan diberikan pemahaman akan mudah lupa karena tergerus dengan informasi baru yang begitu cepatnya arus informasi secara online yang bisa diakses melalui gawai atau smartphone oleh masyarakat.

"Beda dengan pembangunan fisik atau infrastruktur yang mudah dilakukan ketika sudah direncanakan, sudah dianggarkan pasti bisa dilaksanakan," ujarnya.

Dengan arus informasi yang semakin cepat saat ini, pembangunan SDM sangat perlu agar masyarakat tidak larut dalam informasi yang beredar. Oleh karena itu masyarakat harus hati-hati dengan perkembangan tersebut, terlebih yang memiliki media sosial seperti facebook, twitter dan sebagainya agar berhati-hati saat ingin membagikan informasi yang beredar sebelum mengetahui kebenarannya.

"Karena saat ini untuk merekayasa informasi mudah sekali bagi yang ahli IT, untuk bisa mengatur bagaimana orang tertarik dan percaya informasi yang disajikan meski bohong," ungkap Bupati.

Dengan kondisi demikian, Bupati mengharapkan Pemerintah Desa bisa memaksimalkan ADD yang ada dialokasikan untuk program pemberdayaan. Oleh karena itu, ia meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) maupun pihak terkait agar bisa bersinergi, karena sering kali program pemberdayaan masih dikesampingkan dan dianggap tidak perlu.

"Jangan sampai program pemberdayaan yang dianggarkan pada penggunaan ADD tidak pernah dilakukan meski dianggarkan. Terlebih yang memang ditujukan untuk TP PKK," tegasnya.

Bupati mencontohkan, sering kali Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) nya tidak ada pada TP PKK. Seperti keluarga berencana yang mana TP PKK dituntut untuk menekan pertumbuhan penduduk. Di kesempatan ini, pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada TP PKK yang telah membantu pelaksanaan dan sosialisasi program kerja bagi masyarakat.

"Serta tugas lainnya yang sering dilakukan TP PKK yang mana tugas itu merupakan program pemerintah," imbuh Bupati.

Pada kesempatan yang sama, ketua TP PKK Kabupaten Pati Musus Indarnani Haryanto mengatakan, agenda rutin tahunan ini adalah sebagai tindak lanjut pada rakon tingkat provinsi beberapa waktu lalu. Rakon ini diharap menjadi ajang koordinasi, komunikasi, dan evaluasi antara TP PKK di tingkat kecamatan dan desa.

"Sehingga TP PKK terus tumbuh dan berkembang serta memberikan kontribusi yang yata kepada masyarakat Kabupaten Pati," ujar istri dari Bupati Haryanto itu.

Musus mengatakan, berbagai program TP PKK telah berjalan lancar dan sinergi. "Tetapi dengan koordinasi ini diharapkan bisa lebih tepat sasaran, terarah dan terealisasi lebih baik," tandasnya. (Red)


from KabarInvestigasi I Portal Of Investigation http://bit.ly/2WtNFqn
Berita Viral

No comments:

Post a Comment

Back to Top